Berlian dari letusan gunung berapi
Ilustrasi Berlian dari letusan gunung berapi

Penemuan berlian di lahar beku dari letusan gunung berapi Tolbachik di Kamchatka. Berlian itu mempunyai karakteristik geologi dan mineralogi sangat unik, sehingga para ilmuwan Rusia, merasa senang dengan temuan tersebut. Para ilmuwan pun mengklasifikasikan permata ini sebagai tipe baru dari berlian.

"lahar yang mengeras setelah erupsi gunung berapi Tolbachik [pada 2012-2013] membawa berlian jenis baru muncul kepermukaan dan tidak pernah dilihat dari penemuan berlian sebelumnya," yang diberi nama - berlian Tolbachik. Kata Departemen Ilmu Rusia, seperti diberitakan Russia Today, Selasa (28/7/2015).

Menurut ahli geologi, bahwa berlian tersebut terbentuk di bawah tekanan gas vulkanik dan merupakan hasil kristalisasi di bawah pengaruh muatan listrik dari petir". Berlian itu, bisa menjadi realisasi alami sejak tahun 1964 ketika paten Perancis disarankan memproduksi berlian sintetis dari gas menggunakan arus listrik ekstra kuat, kata para ilmuwan.

Dengan menggunakan mata biasa batu permata ini terlihat mirip seperti berlian sintetis, tetapi karakteristik geologi dan mineraloginya berbeda ketimbang tipe permata dari jenis berlian yang pernah ditemukan. Berlian unik ini tidak terbentuk di dapur magma sebagai mana ciri khas berlian yang berasal dari gunung berapi pada umumnya. Berlian Tolbachik juga berukuran besar, untuk batuan vulkaniknya mulai 250-700 mikron.

Kawasan vukanik Tolbachik di semenanjung Kamchatka yang terletak di Russian Far Eastern. Ada dua gunung berapi, yakni Plosky Tolbachik berdiri 3.085 meter dan Ostry Tolbachik pada ketinggian puncak mencapai 3.682 meter.

Sejarah letusan yang kembali terulang sejak ribuan tahun sebelumnya, namun celah akibat letusan terbaru di bulan November 2012 lalu menghasilkan sungai lahar sepanjang puluhan kilometer dari daerah puncak dan di lereng selatan.

1 comment:

  1. wahhh mau dong punya salah satu nya http://beritaseru99.blogspot.com/

    ReplyDelete

Tanggapan Anda selalu dihargai, tapi jangan :
1.) SP4M!
2.) H4TERS!
3.) PROMO!
4.) OUT TOPIC
5.) NOT P0RN0GRAPHY!
Disini tidak ada Link atau Url Aktif / Hidup! apabila tidak sesuai akan dianggap sampah dan dimasukkan ke filter spаm. Jadi mohon kerja samanya.