Tinjauan Mata Kuliah


Mata kuliah Manajemen Operasi (EKMA5208) pada intinya memberikan gambaran tentang bagaimana proses transformasi input menjadi output dapat dilaksanakan, baik dalam perusahaan manufaktur maupun perusahaan jasa. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah inti dalam bidang manajemen sebagai mata kuliah yang mendukung mahasiswa untuk menyelesaikan studi di Program Studi Magister Manajemen. Mata kuliah ini membahas materi mengenai metode atau teknik yang dapat digunakan dalam melakukan transformasi input menjadi output sampai produk atau jasa dikirim ke pasar.

BMP ini didesain agar dapat digunakan sebagai media belajar mandiri bagi mahasiswa. Agar dapat belajar dengan baik dan optimal, mahasiswa diharapkan dapat mengikuti tutorial (baik tutorial online maupun tutorial tatap muka), mengerjakan latihan dan tes formatif, serta mempelajari sumber belajar lainnya, baik di perpustakaan maupun di rumah. Mata kuliah Manajemen Operasi ini memiliki bobot 3 sks. Tiap sks terdiri atas tiga modul sehingga jumlah keseluruhan modul dalam BMP ini adalah sebanyak sembilan modul. Adapun perincian materi per modul sebagai berikut.

Modul 1: Pengantar Manajemen Operasi
Modul 2: Teknologi Proses
Modul 3: Lokasi dan Layout Fasilitas Produksi
Modul 4: Manajemen Kualitas
Modul 5: Pengelolaan Sumber Daya
Modul 6: Persediaan
Modul 7: Sistem Produksi Tepat Waktu (Just in Time)
Modul 8: Manajemen Proyek
Modul 9: Manajemen Rantai Pasok

Secara umum, setelah mempelajari mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa dapat menganalisis masalah-masalah yang berkaitan dengan kasus-kasus dalam manajemen operasi berdasarkan teori yang ada. Secara khusus, diharapkan setelah mempelajari mata kuliah ini mampu :

  1. menjelaskan pengertian dan strategi manajemen operasi;
  2.  menganalisis teknologi proses;
  3. menganalisis penerapan layout dan lokasi dalam manajemen operasi;
  4. menganalisis manajemen kualitas;
  5. menganalisis perencanaan sumber daya;
  6. menganalisis pengelolaan persediaan;
  7. menganalisis sistem produksi tepat waktu;
  8. menganalisis penyelesaian proyek;
  9. menganalisis supply chain management.

Orientasi penyajian BMP ini adalah memudahkan mahasiswa belajar secara mandiri. BMP ini terbagi menjadi sembilan modul. Setiap modul terbagi menjadi dua kegiatan belajar yang merupakan subtopik dari modul. Setiap kegiatan belajar dilengkapi dengan latihan, rangkuman, dan tes formatif. Semua ini bertujuan mengikhtisarkan materi yang kompleks serta memperjelas dan memperkuat konsep-konsep yang mendasar. Mahasiswa diwajibkan untuk mempelajari BMP ini dengan sungguh-sungguh agar dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian akhir semester dengan baik. Setiap modul memiliki kaitan-kaitan tersendiri yang dapat digambarkan sebagai berikut.

Peta Kompetensi Manajemen Operasi

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan Anda selalu dihargai, tapi jangan :
1.) SP4M!
2.) H4TERS!
3.) PROMO!
4.) OUT TOPIC
5.) NOT P0RN0GRAPHY!
Disini tidak ada Link atau Url Aktif / Hidup! apabila tidak sesuai akan dianggap sampah dan dimasukkan ke filter spаm. Jadi mohon kerja samanya.