Berlian Merah Muda
Berlian Merah Muda

Berlian memiliki sejarah panjang sebagai objek yang indah dari hasrat untuk memilikinya. Berlain juga dianggap sebagai simbol cinta abadi, asmara, komitmen dan berumur panjang. Karena itulah berlian memiliki nilai jual yang tinggi. Tapi sayangnya, banyak berlian-berlian palsu yang beredar di pasar. Oleh sebab itu, berhati-hatilah saat membeli berlian. Agar Anda, kerabat atau orang disekitar Anda tidak tertipu, ada baiknya mengenali 10 Karakteristik atau Ciri Berlian Asli berikut ini:

1. Keras

Berlian adalah logam terkeras di bumi. Jika pada bagian berlian milik Anda ada rusak atau bahkan pecah ketika mendapat benturan ringan, maka sudah dapat dipastikan bahwa Anda memiliki berlian yang palsu.

2. Berbagai Warna

Berlian tidak hanya memiliki warna bening saja, tetapi juga muncul dengan berbagai warna. Dan berlian paling langka berwarna merah muda, kuning dan biru. Jangan sampai tertipu! Jika penjual berlian mengatakan bahwa berlian yang dijualnya adalah berlian langka tetapi memiliki warna selain merah muda, kuning dan biru.

3. Dapat Menggores Benda Apapun

Karena berlian merupakan logam terkeras di bumi, maka berlian mampu menggores benda apapun. Cara membuktikan keaslian berlian Anda adalah dengan menggoreskannya ke kaca. Jika berlian membuat kaca tergores dan berlian Anda tidak rusak atau pecah, maka berlian Anda merupakan berlian asli.

4. Pencerminan Tidak Jelas

Selama ini banyak yang mengira bahwa seseorang bisa melihat suatu benda melalui berlian dengan jelas. Tapi nyatanya, berlian asli tidaklah memiliki refleksi yang jelas. Berlian palsu yang terbuat dari kaca jika Anda taruh pada sebuah koran, Anda bisa melihat huruf dengan jelas. Sebaliknya pada berlian asli, Anda akan melihat huruf terputus setiap merefleksikan tulisan di koran.

5. Nuansa Abu-Abu

Berlian asli hanya dapat menggambarkan refleksi dengan nuansa abu-abu. Tetapi jika Anda memegang berlian palsu, refleksi yang muncul dari itu akan berwarna-warni.

6. Tidak Bisa Berkabut

Berlian asli tidak bisa berkabut, cobalah hembuskan nafas ke berlian Anda. Jika kabut pada berlian menghilang dengan cepat, maka berlian tersebut asli. Sedangkan jika kabut bertahan selama beberapa saat, maka sudah bisa dipastikan berlian tersebut palsu.

7. Mampu Merefleksikan Cahaya

Berlian yang asli dapat merefleksikan atau memantulkan cahaya, tidak peduli sisi mana Anda menguji cahaya, itulah sebabnya berlian terlihat berkilau. Sedangkan berlian palsu biasanya salah satu sisinya tampak membiaskan cahaya dan hanya terlihat berkilau di bagian atasnya saja.

8. Tidak Bisa Dipanaskan

Jika Anda memanaskan berlian Anda dan kemudian berlian tersebut terasa panas, maka berlian tersebut palsu. berlian asli menghilangkan panas dengan cepat sama seperti halnya kabut, sehingga Anda tidak akan merasa panas atau hangat ketika menyentuh berlian Anda.

9. Tidak Mudah Tergores

Meskipun jarang ditemukan berlian yang sempurna, berlian asli tidak memiliki banyak goresan di dalam seperti halnya berlian palsu. Berlian asli tidak mudah tergores sehingga jarang menemukan berlian yang terlalu banyak goresan.

10. Berlian Palsu Mengapung Di Air

Ketika Anda melakukan tes, pastikan bahwa Anda menguji semua sisi. Untuk mengecoh pembeli, terkadang penjual perhiasan menggabungkan berlian asli dan berlian palsu di bagian bawah. Untuk mengetahui keaslian berlian Anda, taruh berlian tersebut kedalam gelas berisi air. Jika mengapung, maka berlian Anda adalah palsu atau telah digabungkan dengan berlian palsu.

1 comment:

Tanggapan Anda selalu dihargai, tapi jangan :
1.) SP4M!
2.) H4TERS!
3.) PROMO!
4.) OUT TOPIC
5.) NOT P0RN0GRAPHY!
Disini tidak ada Link atau Url Aktif / Hidup! apabila tidak sesuai akan dianggap sampah dan dimasukkan ke filter spаm. Jadi mohon kerja samanya.