Badan Mobil Berbahan Aluminium
Penggunaan aluminium mulai menjadi alternatif baja sebab, perkembangan industri otomotif global sekarang cenderung mengarah pada konsumsi aluminium secara besar-besaran untuk stuktur badan kendaraan yang ringan.

Hal ini dibuktikan oleh Ford Motor Company yang sudah mengumumkan penggunaan aluminium guna merakit bodi pikap terlarisnya di Amerika Serikat (AS), F-150. Produsen mobil seperti Toyota rencananya juga akan memanfaatkan campuran aluminium dalam memproduksi mobil di tahun 2016. Dikutip dari Bloomberg (17/6/2015).

Tak hanya pada mobil, penggunaan aluminium juga mulai banyak dimasukkan kedalam perangkat elektronik seperti struktur bodi smartphone, sehingga membuat produsen baja dan besi dituntut untuk dapat menciptakan produk yang mampu menyaingi penggunaan material berbahan aluminium baik dari segi harga, kualitas, multifungsi atau bermacam kegunaan dll.

Meskipun penggunaan aluminium pada bodi mobil sudah meningkat selama dua dekade terakhir, namun kemajuannya masih terbatas dalam mengembangkan badan mobil dari aluminium. Bahkan, sebagian besar penggantian aluminium telah datang dalam bentuk coran dan tempa di bagian transmisi, roda, dll. menurut jurnal di laman www.tms.org (penulis Anish Kelkar, Richard Roth, dan Joel Clark).

Sebenarnya produsen mobil telah mengembangkan semua bodi mobil berbahan aluminium dengan dua desain: conventional unibody dan spaceframe. Namun, aluminium masih jauh untuk bisa diterapkan menjadi bahan pilihan sebagai badan mobil. Penggunaan aluminium untuk mengganti baja sebagian dipengaruhi, karena adanya tekanan peraturan untuk memenuhi standar efisiensi bahan bakar dengan mengurangi berat kendaraan dan memenuhi standar daur ulang.

Hambatan utama pemanfaatan aluminium adalah tingginya biaya aluminium primer dibandingkan baja dan tambahan biaya pembuatan panel aluminium. Kedua industri aluminium dan otomotif telah berusaha membuat aluminium menjadi alternatif dengan biaya yang lebih efektif ketimbang baja.

Dalam jurnalnya mereka menganalisis biaya fabrikasi dan perakitan empat desain bodi mobil aluminium yang berbeda, membuat perbandingan desain baja konvensional dengan harga aluminium saat ini dan menggunakan arus teknologi fabrikasi aluminium. Kemudian mencoba untuk menentukan apakah aluminium dapat menjadi alternatif baja pada harga yang lebih rendah dari aluminium primer, dan meningkatkan proses fabrikasi. Can Aluminum Be an Economical Alternative to Steel?

0 komentar:

Posting Komentar

Tanggapan Anda selalu dihargai, tapi jangan :
1.) SP4M!
2.) H4TERS!
3.) PROMO!
4.) OUT TOPIC
5.) NOT P0RN0GRAPHY!
Disini tidak ada Link atau Url Aktif / Hidup! apabila tidak sesuai akan dianggap sampah dan dimasukkan ke filter spаm. Jadi mohon kerja samanya.