Pandanus candelabrum
Tanaman Pandan bernama Pandanus candelabrum

Tanaman Langka Penanda Keberadaan Berlian – Seorang ahli geologi asal Florida telah menemukan sebuah tanaman langka yang hanya tumbuh, di tanah kaya akan berlian. Tanaman langka itu sejenis pandan berduri bernama latin Pandanus candelabrum.

Tanaman Pandanus candelabrum menjadi penanda terbaik keberadaan berlian dibawah tanah. Ketika Anda menemukan tanaman langka ini, berarti tidak menutup kemungkinan juga akan menemukan berlian.

Menurut Stephen Haggerty, seorang profesor geofisika dari Florida International University di Miami, Pandanus candelabrum tumbuh subur di tanah kaya akan potasium, fosfor, dan magnesium. Semua usur tersebut biasanya berada di atas Kimberlite pipes yaitu jalur vulkanik yang mengantarkan batu mulia berharga dari dalam perut bumi menuju ke permukaan, saat terjadi erupsi.

Berlian sendiri terbentuk ratusan kilometer terbenam dibawah permukaan bumi, saat karbon tertekan suhu tinggi. Dan diketahui bahwa sebagian besar produksi berlian komersial di dunia berasal dari Kimberlite pipes.

Stephen Haggerty, mendapat banyak pujian karena telah menemukan hubungan antara tanaman pandan dan prospeksi tambang berlian. Ia menerbitkan temuannya dalam edisi Juni-Juli Economic Geology.

Hubungan khusus antara kimberlite dan tanaman berduri ini, mampu mengubah cara penambangan di Afrika Barat dalam hal mencari berlian. Alih-alih menggunakan peralatan berat untuk metode pertambangan strip mine dalam upaya penggalian menemukan berlian, mereka hanya perlu mencari tempat dimana tanaman pandan tumbuh dan berkembang - dengan demikian dapat melestarikan lingkungan.

Hagerty mengklaim bahwa, sampai sekarang tidak ada cara yang bisa diandalkan untuk menemukan endapan kecil ini, sebab konsentrat dari berlian tersembunyi di hutan belantara dan terpencil. Bahkan daerah kaya akan berlian, hanya dapat ditemukan dalam ukuran beberapa hektar saja. ungkapnya.

Tanaman lain terkait keberadaan logam mulia berharga,

Peneliti asal Australia menemukan bahwa akar dari pohon kayu putih (eucalyptus) memiliki kemampuan untuk menyusun partikel kecil emas dari dalam tanah, kandungan emas tersimpan di daun dan cabang. Menemukan logam mulia di daun merupakan indikator penentu keberadaan cadangan emas yang sangat berharga pada kedalaman 100 kaki dibawah permukaan tanah.

Majalah Science melaporkan bahwa Lychnis alpina, tanaman pink berbunga kecil di Skandinavia, dan Haumaniastrum katangense, sebuah semak berbunga putih di Afrika Tengah, keduanya terkait dengan keberadaan tembaga.

Dan PBS.com mencatat bahwa kehadiran jenis tertentu dari rumput asal California merupakan pertanda yang bisa diandalkan untuk menemukan nikel dan kromium didalam tanah.

0 komentar:

Posting Komentar

Tanggapan Anda selalu dihargai, tapi jangan :
1.) SP4M!
2.) H4TERS!
3.) PROMO!
4.) OUT TOPIC
5.) NOT P0RN0GRAPHY!
Disini tidak ada Link atau Url Aktif / Hidup! apabila tidak sesuai akan dianggap sampah dan dimasukkan ke filter spаm. Jadi mohon kerja samanya.