Makna Bulan Ramadhan
Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan merupakan salah satu dari lima rukun Islam (ke-3). Ini adalah bulan dimana Al-Qur'an pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad (Sallallahu Alayhi Wa'Sallam).

Selama bulan Ramadhan umat muslim di seluruh dunia harus berpuasa; menahan lapar dan dahaga, menjaga lisan dan seluruh anggota badan lainnya dari segala yang dilarang ALLAH (Subhanahu Wa Ta'ala), mulai terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Berpuasa wajib dijalankan bagi semua umat Islam jika mereka sehat secara fisik dan mental. Kecuali bagi musafir, lanjut usia, ibu hamil, wanita datang bulan (menstruasi), dan mengidap penyakit kronis. Siapa pun bilamana tidak bisa menjalankan puasa, maka menjadi tugas mereka (memiliki kemampuan secara finansial) untuk membayar atau memberi makan orang miskin.

Berpuasa tidak hanya berpantangan dari makanan dan minuman tetapi, bulan Ramadhan juga merupakan ujian kesabaran dalam menahan diri terhadap tindakan keji, pikiran jahat, serta perkataan/ucapan buruk.

Nabi SAW seusai Perang Badar pernah mengungkapkan, yang paling berat dari peperangan kita ialah berjihad melawan hawa nafsu sendiri. Jihad melawan nafsu merupakan ungkapan untuk menyucikan serta memurnikan nafsu kita supaya kembali bersih, yaitu terlahir dalam keadaan fitri.

Bulan Ramadhan adalah ujian untuk menunjukkan penyerahan diri kepada ALLAH SWT, satu-satunya Tuhan dialam semesta ini.

Bulan Ramadhan adalah cara untuk menjaga pikiran serta tubuh agar terfokus pada perbuatan baik dan mencapai disiplin diri.

Termasuk malam, dimana umat Islam melakukan shalat tambahan selain shalat lima waktu yang telah ditentukan setiap hari. Hal ini juga sangat dianjurkan agar umat muslim senantiasa bersedekah kepada orang miskin selama maupun sesudah berakhirnya Ramadhan.

Bulan Ramadhan atau bulan suci ini dikaitkan dengan imbalan pahala yang luar biasa, setiap melakukan perbuatan baik. Oleh sebab itu dianjurkan untuk menilai (introspeksi) kembali segala tindakan/perbuatan kita, sehingga dapat memanfaatkan sebaik-baiknya waktu di bulan penuh berkah ini.

Lebih banyak berdo'a, membaca Al-Quran, dan meminta pengampunan agar kita dapat mencapai surga melalui belas kasih ALLAH SWA, Insya-ALLAH. amin...

0 komentar:

Posting Komentar

Tanggapan Anda selalu dihargai, tapi jangan :
1.) SP4M!
2.) H4TERS!
3.) PROMO!
4.) OUT TOPIC
5.) NOT P0RN0GRAPHY!
Disini tidak ada Link atau Url Aktif / Hidup! apabila tidak sesuai akan dianggap sampah dan dimasukkan ke filter spаm. Jadi mohon kerja samanya.