Pelestarian dan Konservasi Lingkungan
Arti Pelestarian dan Konservasi Lingkungan

Pengertian Pelestarian dan Konservasi Lingkungan – Orang-orang yang bekerja berkaitan dengan melindungi lingkungan akan sering menggunakan istilah pelestarian dan konservasi. Mari kita ketahui secara rinci, apa pengertian pelestarian dan konservasi lingkungan sebenarnya. Kedua istilah ini sering membingungkan dan umumnya digunakan untuk arti yang sama, meskipun ada perbedaan. Dalam artikel ini kita akan membahas secara singkat tentang pelestarian lingkungan dan konservasi serta perbedaan utamanya.

Konservasi lingkungan dapat diartikan sebagai pemanfaatan berkelanjutan serta pengelolaan sumber daya alam yang meliputi satwa liar, air, udara, dan deposit bumi. Ada sumber daya alam terbarukan dan tidak terbarukan. Konservasi sumber daya alam umumnya berfokus terhadap kebutuhan dan kepentingan manusia, misalnya nilai-nilai biologis, ekonomis, budaya dan rekreasi. Konservasionis memiliki pandangan bahwa pembangunan diperlukan untuk masa depan yang lebih baik, tapi hanya jika perubahan tersebut terjadi dengan cara-cara yang tidak boros/berlebihan.

Sejauh ini pelestarian lingkungan, mencoba untuk mempertahankan kondisi wilayah sekarang dari keberadaan manusia atau wilayah yang belum tersentuh oleh manusia. Hal ini disebabkan karena banyak umat manusia yang telah merambah ke lingkungan dengan laju pertumbuhan untuk berbagai keperluan yang diberikan kepada pertanian, industri, perumahan, pariwisata dan perkembangan manusia lainnya. Dan kita kehilangan banyak daerah alami. Pelindung budaya juga sangat mendukung perlindungan alam demi alasan yang berpusat pada manusia. Namun, beberapa mengadopsi pendekatan yang kurang berpusat pada manusia untuk perlindungan lingkungan, menempatkan nilai pada alam yang tidak berhubungan dengan kebutuhan dan kepentingan manusia. Tapi terdapat fakta bahwa dengan menjaga dan melestarikan lingkungan kita dapat membuat suasana yang sehat untuk ditinggali.


Dengan melakukan pelestarian dan konservasi lingkungan, pelestarian lingkungan dipandang atau dapat dilihat sebagai pengaturan selain sumber daya duniawi untuk mencegah kerusakan yang biasanya disebabkan oleh kontak dengan manusia atau oleh kegiatan manusia tertentu, seperti penebangan, berburu, pembukaan lahan untuk perkebunan, dan hanya untuk menggantinya dengan kegiatan baru seperti pariwisata dan tempat rekreasi. Selanjutnya peraturan dan hukum dapat diberlakukan untuk pelestarian sumber daya alam,dan dapat menjadikan bumi yang ramah, hal ini sangat penting karena akan menyelamatkan planet ini pada saat membuat tempat tinggal yang lebih baik bagi kita, serta untuk generasi mendatang.

0 komentar:

Posting Komentar

Tanggapan Anda selalu dihargai, tapi jangan :
1.) SP4M!
2.) H4TERS!
3.) PROMO!
4.) OUT TOPIC
5.) NOT P0RN0GRAPHY!
Disini tidak ada Link atau Url Aktif / Hidup! apabila tidak sesuai akan dianggap sampah dan dimasukkan ke filter spаm. Jadi mohon kerja samanya.