ATURAN DASAR PENYAJIAN GAMBAR


Penentuan Pandangan
  • Untuk menggambar pandangan-pandangan sebuah benda, pandangan depan benda dianggap sebagai gambar pokok, dan pandangan-pandangan lain dapat disusun sesuai dengan realitas yang ada.
  • Namun dalam gamber kerja, jumlah pandangan harus dibatasi seperlunya, yang dapat memberikan bentuk benda secara lengkap.
  • Untuk menempatkan pandangan atas atau pandangan samping dan pandangan depannya, terlebih dahulu kita harus menempatkan sistem proyeksi apa yang kita pakai, apakah proyeksi di kuadran I (Eropa) ataukah proyeksi di kuadran III (Amerika).
  • Setelah kita menempatkan sistem proyeksi yang kita pakai, barulah kita menempatkan pandangan dan objek yang kita gambar tersebutPenentuan Pandangan

Pemilihan Pandangan Depan
  • Pemilihan pandangan depan dari benda yang akan disajikan dalam gambar adalah sangat penting. Karena gambar pandangan depan dapat langsung memberikan keterangan bentuk benda yang sebenarnya. Lagipula jumlah gambar pandangan juga ditentukan oleh gambar pandangan depan tadi.
  • Pandangan depan tidak selalu berarti pandangan depan dalam arti kata sehari-hari. Pandangan depan adalah bagian benda yang dapat memerikan cukup keterangan mengenai bentuk khasnya atau fungsinya.
  • Misal wajah wanita, jika kita ingin abadikan maka pandangan depan adalah wajah tersebut, berbeda dengan seekor kuda, pandangan depan justru diambil dari pandangan sampingya.

Demikian pula untuk sebuah pesawat terbang




PEMILIHAN PANDANGAN
  • Pandangan Depan (Pusat)
  1. Menunjukkan syarat dan karakteristik terbanyak
  2. Memiliki pandangan maya paling sedikit
  3. Menunjukkan panjang dan tinggi benda
  • Pandangan Atas
  1. Menunjukkan panjang dan lebar benda
  • Pandangan Samping (Biasanya kanan)
  1. Menunjukkan lebar dan tinggi benda
  2. Menggunakan pandangan kiri apabila garis yang tersembunyi lebih sedikit
  • Terkadang tidak diperlukan 3 pandangan untuk suatu gambar teknik
Menempatkan Pandangan Depan, Proyeksi Di Kuadran I (Eropa) Atas dan samping Kanan
Picture3
Penerapan Proyeksi Eropa


Menentukan Pandangan Depan, Atas dan Samping Kanan Menurut Proyeksi Di Kuadran III (Amerika)

Picture4
Penerapan proyeksi Amerika


Penetapan Jumlah Pandangan
  • Jumlah pandangan dalam satu objek/gambar tidak semuanya harus digambar, misalnya untuk benda-benda bubutan sederhana, dengan satu pandangan saja yang dilengkapi dengan simbol (lingkaran) sudah cukup untuk memberikan informasi yang jelas

Gambar Satu Pandangan
Picture5


Jenis-Jenis Pandangan Utama
  • Gambar kerja yang digunakan sebagai alat komunikasi adalah gambar dalam bentuk pandangan-pandangan. Sebagai pandangan utamanya ialah pandangan depan, pandangan samping, dan pandangan atas.
  • Dalam gambar kerja, tidak selamanya ketiga pandangan harus ditampilkan, tergantung dan kompleks/rumit atau sederhananya bentuk benda. Hal terpenting, gambar pandangan-pandangan ini harus dapat memberikan informasi yang jelas. Perhatikan:

Gambar Pandangan
Picture6

Kedua gambar di atas, walaupun hanya terdiri atas satu pandangan saja, dapat membedakan bentuk bendanya, yaitu dengan simbol/lambang O untuk bentuk lingkaran dan untuk bentuk bujur sangkar dan bentuk gambar piktorialnya adalah: Pembedaan bentuk benda dengan satu pandangan.

Picture7



Pemeliharaan Pandangan Utama
  • Untuk memberikan informasi bentuk gambar, seharusnya kita pilih pandangan yang dapat mewakili bentuk benda (perhatikan Gambar )
Picture8


  • Pandangan/gambar sebelumnya belum dapat memberikan informasi yang jelas.Oleh karena itu, dalam memilih pandangan yang disajikan harus dapat mewakili bentuk benda (lihat Gambar. Gambar benda yang mempunyai pandangan atas dan pandangan depan yang sama seperti Gambar sebelumnya.
Picture9


Dari gambar piktorial (Gambar di atas, yang dapat memberikan informasi bentuk secara tepat dalam bentuk gambar pandangan adalah pandangan depan dengan pandangan sampingnya.
Picture10


Sebaliknya dua pandangan depan dan samping belum tentu dapat memberikan informasi yang maksimum (lihat Gambar

Picture11


Dengan dua pandangan di atas, belum cukup memberikan informasi bentuk secara cepat dan tepat. OIeh karena itu, perlu satu pandangan lagi untuk kejelasan gambar tersebut, yaitu pandangan atas

Picture12


Setelah dilengkapi dengan pandangan atasnya, barulah kita mendapatkan informasi bentuk yang lengkap seperti pada Gambar

Picture13

Teknik Gambar

0 komentar:

Posting Komentar

Tanggapan Anda selalu dihargai, tapi jangan :
1.) SP4M!
2.) H4TERS!
3.) PROMO!
4.) OUT TOPIC
5.) NOT P0RN0GRAPHY!
Disini tidak ada Link atau Url Aktif / Hidup! apabila tidak sesuai akan dianggap sampah dan dimasukkan ke filter spаm. Jadi mohon kerja samanya.