koleksi aksesoris Priyo Salim Silver Jewelry

Kerajinan Perak Kotagede Banyak Diburu – Kerajinan perak Kotagede menjadi salah satu ciri khas yang ditawarkan kota Yogyakarta. Walaupun sempat mengalami pasang surut sejak masa keemasan nya pada tahun 1930, namun hingga saat ini industri kerajinan perak Kotagede tetap memiliki keistimewaan tersendiri bagi banyak orang.

"Perak memang banyak terdapat di beberapa wilayah di Indonesia, tapi kerajinan perak Kotagede memiliki ketelitian dan keindahan tersendiri," jelas pemilik Priyo Salim Silver Jewelry, Priyo Salim, Sabtu (9/5/2015) dilansir laman travel.kompas.com.

Menurut Priyo, keistimewaan perak Kotagede tak luput dari proses pembuatan yang melibatkan ketelitian. Terdapat lima tahapan proses penting dalam pembuatan kerajinan perak mulai dari peleburan bijih perak, hingga menjadi produk suvenir perak cantik yang siap untuk dijual.

Tahapan pertama adalah peleburan bijih perak, sebelum dilebur pada suhu tinggi, bijih perak ini ditimbang dan ditambahkan alloy sebagai campuran. Setelah dilebur, maka akan menghasilkan dua jenis perak yakni perak lembaran dan perak kawat atau tali.

Proses peleburan campuran bijih perak dan alloy

"Setelah itu lembaran perak kita ukir, sedangkan untuk yang tali di-filigree," jelas Priyo.

Dalam pengukiran dan filigree yang merupakan proses penting dalam pembentukan perak dibutuhkan konsentrasi tinggi agar setiap produk kerajinan perak sesuai dengan desain yang diinginkan. Usai melalui tahapan dua, perak-perak tersebut selanjutnya masuk ketahap tiga yaitu penyetingan. Penyetingan dilakukan guna mendapat kerajinan perak yang pas sesuai keinginan.

Tahap keempat adalah proses pengamplasan untuk menghaluskan perak-perak yang sudah dibentuk. Tahapan terakhir ialah pemolesan agar perak semakin mengkilat dan terlihat menarik.

"Prosesnya memang sulit dan panjang, tapi itulah ciri khas perak Kotagede yang membuatnya bernilai tinggi," lanjut Priyo.

Pengukiran lembaran perak di bengkel perak

Pemilik toko yang terletak di Jalan Kemasan ini mengakui bahwa industri kerajinan perak yang sedang ia geluti tak hanya menjadi incaran pemburu oleh-oleh suvenir, tapi juga menjadi tempat bagi para pengunjung untuk belajar segala hal tentang perak Kotagede.

“Ya, nanti pembeli yang beli bisa langsung datang dan saya antarkan lihat proses pembuatan peraknya,” tutup Priyo.

Sumber foto: KOMPAS.COM/MENTARI CHAIRUNISA

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan Anda selalu dihargai, tapi jangan :
1.) SP4M!
2.) H4TERS!
3.) PROMO!
4.) OUT TOPIC
5.) NOT P0RN0GRAPHY!
Disini tidak ada Link atau Url Aktif / Hidup! apabila tidak sesuai akan dianggap sampah dan dimasukkan ke filter spаm. Jadi mohon kerja samanya.