Serangan Hiu Putih

Cara Agar Tetap Aman dari Serangan Hiu Saat di Dalam Air


Pada saat musim panas dan liburan orang-orang menuju ke pantai, banyak yang tidak memperdulikan mengenai ancaman serangan ikan hiu. Resikonya memang sangat kecil, namun kita bisa mengambil pembelajaran seperti yang baru-baru ini terjadi di Carolina setidaknya sudah ada sembilan serangan ikan hiu hanya dalam beberapa pekan terakhir, sehingga pihak berwenang disana mengharuskan perenang agar lebih waspada. (laporan laman cbsnews.com)

Menurut The International Shark Attack File (ISAF), dilihat berdasarkan database selama terjadi serangan ikan hiu di Carolina, kemungkinan bahwa ikan hiu akan menyerang Anda adalah 1 di antara 11,5 juta orang. Dalam konteks itu, peluang perenang untuk tenggelam adalah 1 di antara 3,5 juta orang.

"Meskipun tren menunjukkan gigitan ikan hiu meningkat, ini sebagian besar karena lebih banyak orang memilih lautan sebagai tempat bermain daripada sebelumnya," Andrew Nosal, Ph.D., seorang ahli biologi kelautan di Scripps Institution of Oceanography, mengatakan kepada CBS News.

"Sebenarnya 2014 lebih tenang dibandingkan sebelumnya dengan rata-rata hanya 52 gigitan tanpa sebab di Amerika Serikat, itupun tidak ada serangan berakhir fatal." kata Nosal.

Kenyataannya ialah bahwa ketika dilaut, ikan hiu selalu ada di sekitar manusia sebab disanalah tempat mereka tinggal. Tetapi ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menghindarinya. Apa yang harus dan tidak harus dilakukan ...

Berikut Tips keselamatan menghindari serangan ikan hiu: Cara agar tetap aman saat di dalam air, dikutip dari laman http://www.cbsnews.com

Jangan Pergi Sendirian


Tetap berada dalam kelompok, ketika Anda berenang di laut. Ikan hiu lebih mungkin untuk menyerang orang tunggal ketimbang berkelompok.

menurut Chris Brewster, presiden United States Lifesaving Association "Serangan ikan hiu diyakini hampir selalu dikarenakan kekeliruan mengidentifikasi mangsa,". Hiu mungkin sengaja menggigit dan menarik anggota tubuh kedalam air sebab mereka berpikir itu ialah ikan, mangsa alaminya. Sekelompok manusia berenang di air tak terlihat menyerupai ikan soliter atau mamalia laut untuk mangsa hiu, sehingga mereka mungkin tidak terganggu dengan keberadaan manusia.

Hindari Berenang di Saat Senja dan Fajar


Ikan hiu paling aktif berburu makanan di senja dan fajar. Anda dapat mengurangi risiko bertemu hiu, namun masih bisa berenang pada waktu selain itu. Hiu juga tidak memiliki penglihatan baik, sehingga ketika jarak pandang rendah cenderung membingungkan pandangan mereka dan mengangap manusia sebagai mangsa alami.

Bagaimana Darah di Dalam Air?


Ikan hiu memiliki indra perasa luar biasa melalui penciuman. Bagi sebagian spesies, seperempat otaknya memang dikhususkan untuk kemampuan ini. Ikan hiu tertarik terhadap darah, meskipun tidak jelas mereka menyukai darah manusia jenis apa. Palang Merah Aamerika (American Red Cross) menyerukan perlawanan terhadap setiap perenang memasuki air dengan kondisi luka terbuka.

Tetapi David Shiffman, Ph.D. kandidat di University of Miami yang mempelajari biologi dan konservasi ikan hiu, mengatakan apabila Anda memiliki luka terbuka, harus lebih peduli tentang bakteri dari air laut yang masuk ke luka daripada mengkhawatirkan diganggu oleh hiu. Beberapa orang juga menyarankan agar wanita menstruasi sebaiknya tidak pergi kedalam air. "Saya tidak berpikir itu penting, tapi jika Anda khawatir, bisa menghabiskan waktu bersantai dengan hanya duduk dipinggir pantai," kata Shiffman

Menanggalkan Benda Mengkilat


Melepas semua perhiasan atau aksesoris mengkilap sebelum Anda memasuki air. Benda mengkilap dapat memantulkan cahaya di dalam air, yang terlihat mirip sisik ikan untuk memancing hiu mendekat. "Hiu juga melihat kontras secara baik, sehingga pakaian dengan kontras (garis dan bentuk) mencolok dapat menarik perhatian yang tidak diinginkan," saran Nosal.

Menghindari Tempat Makan Ikan Hiu


Keluar pada daerah dimana, dihuni oleh nelayan yang menggunakan chum atau baitfish karena itu menarik ikan hiu. Area pembuangan air, limpasan atau sungai yang mengalir ke laut juga menarik baitfish. Sedangkan struktur di dasar laut yang mengandung konsentrasi baitfish merupakan tempat lokasi ikan pemangsa mencari makan. Menurut Palang Merah Amerika, "jika terlihat banyak burung laut melakukan penyelaman itu merupakan indikator bagus dari penanda keberadaan daerah tersebut."

Tidak Ada Zona Percikan Air


Palang Merah Amerika menyarankan agar Anda menghindari percikan air secara berlebihan serta menjaga hewan peliharaan keluar dari air laut karena gerakan tidak menentu dapat menarik perhatian ikan hiu. "memercikkan air laut dapat membingungkan hiu dan berpikir bahwa mangsanya berada di dekatnya," kata Brewster. Hal ini juga dapat membuat pandangan hiu semakin buram di air, sehingga lebih sulit membedakan manusia dari kriteria mangsa alaminya.

Menjauh dari Tempat Biasanya Ikan Hiu Berada


Kecenderungan ikan hiu berada di daerah antara gundukan pasir atau dekat drop-off curam. Ikan hiu tinggal di kawasan Pesisir Timur tempat pertemuan dengan mangsanya yang mendekati garis pantai. Samudra Atlantik juga memiliki paparan benua lebih luas daripada Pasifik, daerah dimana ikan hiu lebih suka tinggal disana.

0 komentar:

Post a Comment

Tanggapan Anda selalu dihargai, tapi jangan :
1.) SP4M!
2.) H4TERS!
3.) PROMO!
4.) OUT TOPIC
5.) NOT P0RN0GRAPHY!
Disini tidak ada Link atau Url Aktif / Hidup! apabila tidak sesuai akan dianggap sampah dan dimasukkan ke filter spаm. Jadi mohon kerja samanya.