Manfaat Pertambangan dan Batubara


Manfaat Pertambangan dan Batubara
Manfaat Pertambangan Batubara

Pada tahun 1800-an, batubara secara harfiah mendorong industrialisasi dunia. Batubara menjadi sumber daya bagi lebih dari 35 persen listrik dunia dan digunakan untuk memproduksi 70 persen baja dunia.

Sampai saat ini batubara ditambang di berbagai belahan dunia karena merupakan sumber energi. Berbagai industri menggunakan batubara untuk kebutuhan energi mereka. Meskipun banyak kekhawatiran mengenai keselamatan para penambang dan efeknya pada lingkungan, pertambangan batubara terus tumbuh hingga hari ini. Berikut adalah berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh pertambangan batu bara:

1. Pertambangan batubara menyediakan ketersediaan energi

Batubara dianggap sebagai salah satu dari banyak mineral yang melimpah di dunia. Karena kelimpahan, banyak negara dan / atau industri bergantung pada batubara untuk kebutuhan energi mereka. Batubara dapat ditemukan di berbagai bagian AS dan di negara lain membuatnya tersedia untuk dikonsumsi. Hal ini berbeda dengan ketersediaan sumber energi lain seperti minyak atau gas alam.

2. Batubara menyediakan kemudahan penggunaan


Ini adalah salah satu keuntungan terbesar batubara dibandingkan sumber energi lainnya. Setelah pertambangan batubara, hanya satu yang secara harfiah membakar  untuk dapat memanfaatkannya. Sumber energi lain harus diproses atau melalui beberapa tahapan persiapan dan perbaikan sebelum itu dapat berguna untuk orang. Minyak, misalnya perlu diproses dan disempurnakan sebelum dapat mencapai tujuannya. Dan karena batubara juga menyediakan kemudahan penyimpanan, dapat langsung digunakan ketika itu menjadi kebutuhan.

3. Batubara menyediakan sumber energi yang murah

Bila dibandingkan dengan sumber energi lainnya, batubara dianggap yang termurah. Itu sebabnya beberapa negara mengandalkan batubara meskipun ada beberapa efek terhadap lingkungan. Energi merupakan syarat utama dalam hampir di setiap negara karna apa pun yang muncul lebih murah selalu diharapkan.

Penduduk bumi semakin besar dari hari ke hari dan dengan kelangkaan dan biaya sumber energi lainnya, banyak negara telah mendukung pertambangan batubara menjadi produsen energi utama mereka. Hal ini juga menyatakan bahwa seluruh industri produksi batubara lebih banyak membuat lapangan pekerjaan dari pertambangan hingga perdagangan dan distribusi. Semua ini akan menerjemahkan  manfaat dari batubara  tidak hanya untuk pengguna akhir maupun masyarakat tetapi juga untuk seluruh negeri.

Batubara

Beberpa manfaat batubara bagi manusia :
  • Sebagai bahan untuk produksi baja dan besi
  • Sebagai bahan bakan pembangkit listrik
  • Sebagai bahan bakar cair
  • Sebagai bahan bakar produk semen
  • Untuk pembuatan karbon aktif
  • Sebagai penyerap dalam daur ulang minyak pelumas bekas
  • Sumber bahan untuk tungku hemat energi yang bisa di gunakan sebagai kebutuhan rumah tangga dan industri kecil

Batubara Untuk Membuat Kokas, Kokas untuk Membuat Baja

Produsen bir adalah orang yang pertama kali menggunakan kokas. Untuk memanggang biji-bijian yang digunakan untuk membuat produk bir mereka, produsen bir mempelajari bagaimana cara untuk memanaskan batubara pada temperatur yang sangat tinggi dengan kondisi kedap udara.

Proses ini menyingkirkan byproduk yang tidak diinginkan seperti ter, minyak dan gas dari batubara. Produk akhirnya adalah massa karbon yang hampir murni, bernama kokas. Kokas bekerja dengan baik untuk memproduksi bir,tetapi yang lebih penting, kokas menjadi bahan utama dalam produksi baja.

Dalam produksi baja, kokas dan bijih logam, seperti bijih besi, digabungkan dalam blast furnace. Kokas menyediakan panas yang secara kimiawi mengubah bijih yang seperti batu menjadi bentuk logam cair. Kokas juga membantu memisahkan gas dari logam cair. Sementara gas naik di dalam tungku, logam cair tenggelam ke bawah dimana ia akan diambil untuk diproses lebih lanjut menjadi baja.

Selain itu manfaat batubara juga dirasakan dipabrik-pabrik pembuat kertas, dan juga industri farmasi. Hasil sampingan batubara juga bisa diproduksi menjadi beberapa macam produk kimia.

Misalnya batubara setelah diolah dimurnikan bisa menjadi bahan pembuat minyak fenol, benzene, kreosot dan naftalen. Dari tungku kokas bisa diambil gas amonia yang berguna untuk membuat pupuk, garam amonia dan asam nitrat. Selain itu, komponen-komponen batubara jika diolah bermanfaat untuk zat pelarut, zat peawrna, sabun, plastik, rayon, aspirin dan nilon.

Batubara juga menjadi bahan penting memproduksi seperti berikut :
  • Serat karbon, berfungsi sebagai bahan pengeras yang ringan dan kuat, biasanya digunakan pada rakit tenis, sepeda gunung dan bahan kontruksi.
  • Metal silikon, berfungsi untuk membuat silan dan silikon. Jika diolah lebih jauh dapat juga digunakan untuk membuat bahan kedap air, kosmetik, pelumas, rasin, pasta gigi, dan sampo.
  • Karbon teraktivasi, seringkali digunakan dalam pembersihan udara, mesin pencuci darah dan saringan air.

Manfaat Briket Batubara

Ada salah satu produk batubara yang sangat besar manfaatnya bagi keberlangsungan ketersediaan energi bagi Indonesia, yaitu briket batubara. Briket batubara merupakan bahan bakar yang sudah melalui proses pemampatan dan memiliki daya tekatan tertentu, berbentuk dan memiliki ukuran yang sesuai dengan kebutuhan, sehingga mudah digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Adapun manfaat menggunakan batubara dalam bentuk briket adalah sebagi berikut :
  • Mengurangi penggunaan karna ketergantungan pada minyak Bumi semakin lama semakin menipis.
  • Kemudahan penggunaan teknologi sederhana yang memungkinkan batubara dapat dibentuk menjadi briket untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar alternatif.
  • Selain bisa menggantikan bahan bakar minyak juga bisa mengurngi penggunaan kayu bakar.

Coal is Batubara

advertisements

0 komentar:

» Tinggalkan Sebuah Komentar


*) No Spam!

*) No Pornography

Sistema Enlaces Reciprocos bedava - Free Backlink  - www.linkdevi.com Text Backlink Exchanges
Backlinks USA Free Backlinks Service at BacklinksUSA.com! USA Backlinks Free Backlinks Service at USABacklinks.com!
Ping your blog, website, or RSS feed for Free My Ping in TotalPing.com ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free
Top Sites List PR1 Top Sites List
bedava - Free Backlink  - www.v8link.com
SEO Reports for learnmine.blogspot.com Blog Search: The Source for Blogs